Titik Balik Manusia

Titik Balik Manusia

Mungkin ini dapat dibilang pertanyaan yang cocok untuk ditanyakan kepada para eksekutif muda sejagat tanah air. Apakah kalian merasa atau pernah terlintas satu pikiran dimana hidup kalian itu-itu aja ? Sebagai contoh:  hidup kalian hanya seputar kebo-kebo (red: kerja bobo-kerja bobo) atau tidak ada semacam bumbu kehidupan alias flat doang. Jika itu yang dirasakan, berarti kalian sedang masuk di fase ‘life crisis’ men.

Banyak yang bilang life crisis is sucks!!! Namun menurut saya, momen tersebut sangat cocok untuk mengintrospeksi diri dengan keadaan tersebut dan melihat dari berbagai macam sudut pandang. Pada prakteknya kita dapat melakukan beberapa hal untuk menemukan kembali makna hidup, sebagai contoh:

Cobalah untuk mengontak teman-teman lama kalian. Tanyakan kabar mereka setelah kalian lama tak berjumpa. Jalin kembali hubungan kalian yang terputus karena akan ada banyak pelajaran hidup yang akan didapatkan dari mereka.

Travelling bisa jadi hal yang menyenangkan jika kalian menginginkannya. Melihat satu tempat dan merasakan suasana yang baru dapat memberikan angin segar bagi jiwa kalian yang suntuk dengan rutinitas. Jangan lupa untuk mengajak orang yang kalian sayangi dalam perjalanan itu 😉

Bekerjalah untuk hidup bukannya hidup untuk bekerja. Seringkali kita menganggap bahwa dengan banyak meluangkan waktu dalam bekerja, mengindikasikan bahwa kita produktif. Pada kenyataannya asumsi tersebut adalah salah. Banyak hal-hal menarik di luar sana yang harus kalian coba. Mungkin apakah kalian ingin fasih berbahasa Prancis atau aktivitas apapun yang membuat kalian senang? Keahlian tersebut bisa didapatkan bila kalian mau keluar dari mindset bekerja tersebut.

Beranilah untuk katakan tidak jika kalian tidak menginginkannya. Tidak perlu merasa tidak enak bila menolak sesuatu, karena hidup tidak selamanya menghibur orang lain.

Tanamkan mindset “Masuk kuping kanan, keluar kuping kiri” untuk unconstructive feedback. Semua orang dapat berkomentar tentang kalian. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui dan mungkin tidak peduli seberapa besar perjuangan yang telah kalian upayakan untuk setiap keputusan yang dibuat hingga membuahkan suatu hasil yang dibanggakan. Namun sayangnya tidak setiap saat dunia bekerja seperti apa yang kita harapkan. Jadi yang terpenting bagaimana kalian mengolah dan menanggapi hal tersebut.

Dan selalu ingat! Jika suatu hal membuat kalian sedih, kalian PUNYA POWER untuk mengubahnya baik itu dalam hal pekerjaan maupun percintaan. Dalam percintaan, ungkapkan perasaan kepada pasangan kalian apabila kalian sayang mereka setiap ada kesempatan dan sayangi mereka dengan semua yang kalian bisa. Tanpa kalian sadari, mereka lah yang selalu ada di samping kalian saat baik dan buruk serta mendengarkan keluh kesah. Dalam karier, cobalah untuk memiliki keberanian untuk berubah. Kita tidak pernah tahu berapa lama kita hidup di dunia ini dan bukanlah kewajiban seseorang untuk dapat mengubah nasib kalian, namun diri kalian sendiri.

Pada akhirnya, jangan buat hidupmu menyedihkan.