Soal Pentingnya Memberikan Apreasiasi

Soal Pentingnya Memberikan Apreasiasi

Pada saat menginjak bangku SMP dulu, kita diajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosialis  yang tidak bisa lepas dengan interaksi terhadap sesamanya dalam setiap titik kehidupan. Berinteraksi dengan orang lain, sedikit banyak membuat kita mempelajari tentang psikologi dan sifat-sifat dasar manusia. Satu hal yang kita semua ketahui bahwasannya secara general, setiap orang tentunya suka diberikan apresiasi, reward, atau recognisi. Semua sifat ini seakan-akan sudah  ter-hardwired dalam tubuh setiap manusia. Setiap ucapan terima kasih dan penghargaan atas usaha kita akan membuat stimulus-stimulus yang membuat perasaan gembira mengalir deras ke otak.

Lebih lanjut, perasaan dihargai oleh orang lain biasanya menjadi kick-start atau katalis untuk menjalankan sebuah sistem positive-feedback yang dalam diri kita. Sebagai contoh; penghargaan membuat kita senang, hati yang senang membuat kita termotivasi dan percaya diri, motivasi dan kepercayaan diri membuat kita bekerja lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pula, hasil yang baik pada akhirnya akan kembali mendapatkan perhagaan dan recognisi, dan siklus pun berulang menghasilkan end-result yang terus bertambah kualitasya.

Namun, pada prakteknya selama ini, kita seringkali lupa untuk menunjukkan apresiasi kepada orang lain. Yang sering terjadi adalah bukannya kita tidak ingin menyampaikan rasa terima kasih, tetapi terkadang kita terlalu sibuk dan fokus pada sesuatu sehingga kadang kita melupakan bahwa hal-hal kecil tentunya juga patut diapreasiasi. Entah dengan cara memberikan pelukan hangat kepada ibu atas makanan enak buatannya, menyampaikan rasa terimakasih kepada anak buah untuk kerja yang bagus dan terampil, mengadakan selebrasi kecil untuk anak yang baru saja lulus ujian, atau bahkan sekedar meng-upload foto bersama pasangan / orang tercinta di sosial media untuk sekedar menunjukkan seberapa pentingnya peran mereka yang selalu supportif. Karena percayalah, ucapan terima kasih atau rekognisi / merasa dihargai kadang tidak ternilai harganya dan perasaan under appreciated itu sama sekali tidak enak.

Pada akhirnya, tentunya setiap hari semua orang akan dihadapkan pada permasalahan dan perjuangan konstan dalam diri masing-masing. Entah itu dalam hal yang menyangkut karir, ekonomi, asmara atau bahkan beban-beban mental lainnya. Perlu diingat, memberikan apresiasi terhadap orang orang lain tidak semata-mata akan menjadikan permasalahannya lenyap begitu saja, namun setidaknya itu akan membuat mereka lebih semangat dalam menjalani hari. Jadi, mulai saat ini tidak ada salahnya memberikan extra effort untuk menunjukkan perasaan terimakasihmu kepada orang lain karena seperti yang orang bijak (saya) katakan: “appreciation is better shown than told.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *